Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melacak Histori Tehnologi Permainan di Dunia

 

Melacak Histori Kemajuan Tehnologi Permainan di Dunia
Tidak dapat disanggah kalau perubahan tehnologi sudah menyelusup ke seluruh bidang baik itu dari sisi industri, usaha, ekonomi, juga panggung hiburan sudah mempunyai tehnologinya sendiri. Antara lainnya yaitu video serta console permainan sebagai tehnologi yang sukses masuk ke bidang dunia hiburan.

Melacak Histori  Tehnologi Permainan di Dunia

Bermain permainan memanglah bisa menyingkirkan kebosanan, rasa jemu, sekalian berfungsi untuk isi waktu di waktu kosong. Kian kekinian tehnologi, kian gampang seorang untuk bermain game. Ditambah lagi di zaman handphone kini begitu banyak permainan yang dapat dimainkan dengan grafis luar biasa.

Permainan sendiri rupanya punyai peristiwa atau asal mulanya yang tentu sangat bagus untuk dikenali. Umpamanya seperti siapa sesungguhnya penemu permainan itu, serta apa permainan console yang dibikin pertamanya sampai bagaimana perubahannya kini. Oleh karena itu, di bawah ini yaitu uraian komplet berkenaan penemu sekalian perubahan permainan yang ada pada dunia.

Perubahan Tehnologi Permainan di Dunia
Bukan rahasia kembali kalau kian berubahnya tehnologi, kian juga banyak lahir perubahan dari beberapa orang inovatif di dunia ini. Serta antara lainnya ikut meningkatkan tehnologi permainan, yang mana soal ini teratur berkembang kapan saja tertentu. Permainan menjadi satu tempat bisnis yang prospektif karena bukan sekedar dipakai oleh anak kecil saja akan tetapi orang dewasa banyak juga yang kecanduan serta nikmati bermain permainan, khususnya beberapa game berbasiskan console. Tentang hal tehnologi ini ternyata punyai perubahan beberapa angkatan dari tahun ke tahun yang di antara lain;

1. Tehnologi Permainan Angkatan Pertama (1952-1975)
Permainan Pertama: Tic-Tac-Toe

Tehnologi permainan ternyata dicetak pertamanya oleh A.S. Douglas di tahun 1952 di University of Cambridge. Douglas mendemokan permainan bikinannya lewat tesis dalam rencana berkenaan hubungan di antara manusia dan pc. Permainan pertama-kali yang ada di bumi ini rupanya benar-benar sederhana, ialah suatu permainan Tic-Tac-Toe atau XOXO yang diprogram memakai pc EDSAC vaccum-tube, di mana pc ini punyai monitor CRT (Cathode Ray Tube).

*Baca : Berikut 5 Pendingin Pc yang Penting Gamers Kenali

Permainan Ke-2 : Tennis for Two

Tesis dan tehnologi permainan yang dikaji oleh A.S Douglas membuat sejumlah orang terinspirasi. Juga di tahun 1958 selanjutnya, William Higinbotham dan membentuk permainan Tennis for Two dimainkan di osiloskop. Sama dengan Douglas, permainan ini masih sederhana. Antarmukanya sendiri memperlihatkan lapangan tennis dari samping serta masih terbatas.

Permainan Ke-3 : Spacewar

Setahun lebih masa dibuatnya tehnologi permainan pertama ataupun lebih persisnya di tahun 1961—game seterusnya datang berbarengan dengan tenarnya tehnologi komputer. Pc di saat itu tetap menjadi barang yang paling modern, disini Steve Russel membentuk permainan namanya Spacewar karena mendapat ide dengan cerita fiksi ilmiah kreasi Edward E Smith dengan judul Skylark. Permainan Spacewar sukses dicetak Russel memakai pc serta menggunakan spesifikasi mainframe MIT PDP-1 yang umum digunakan untuk hitungan statistik. Dengan pc itu, Steve berhasil bikin Spacewar.

Lahirnya Video Permainan

Karena tehnologi permainan jadi penuturan hangat di lalu lalu, karenanya beberapa mahasiswa memutus bereksperimen dengan menggunakan sarana tehnologi yang ada pada kampusnya untuk bikin video permainan semakin menarik sekalian ikut mengalirkan kreativitas. Akan tetapi di tahun 1972, tehnologi permainan lebih berkembang di saat untuk pertama kali di-launching feature video permainan karya perusahaan Magnavox Odyssey, mereka membentuk inovasi tehnologi baru pada dunia permainan yang mana sukses membentuk video permainan dapat disangkutkan dengan televisi.

Akan tetapi sayang 3 tahun berlalu ialah di tahun 1975, Magnavox Odyssey stop menghasilkan video gamenya. Tetapi mereka malah mengenalkan tehnologi baru adalah mikroprosesor berbasiskan konsol. Sampai selanjutnya faksi Magnavox menghasilkan video permainan macam baru yang teristimewa memberikan permainan Pong.

2. Tehnologi Permainan Angkatan Ke-2  (1976-1983)

Di angkatan ke-2 , tehnologi permainan berkembang jadi lebih baik dari sebelumnya. Periode ini diketahui dengan kehadiran diagram 8 bit atau mungkin kurang lebih 4 bit dalam peristiwa video permainan dan pc. Karena pada tahun 1976, tehnologi permainan sukses dihidupkan kembali oleh Fairchild bersama kreasinya adalah VES (Video Pertunjukan System). Dalam dasawarsa angkatan ke-2  ini, banyak sejumlah perusahaan yang membentuk tehnologi permainan berbasiskan konsol. Seperti Fairchild Kanal F, Magnafox Odyssey versus 2, Attari 2600, sampai Attari 5200.

Dari beberapa karya itu, perusahan-perusahan lain rupanya tidak bisa menaklukkan tehnologi punya Attari 2600. Juga di tahun 1980, beberapa produsen konsol baru banyak muncul serta jadikan Atari 2600 menjadi rencana dasar dan kreasi. Maka perubahan permainan jadi kian maju.

Di zaman ini tercipta banyak beberapa game baru yang lebih perkenalkan keadaan 3D seperti Battlezone karya Atari, Pac Man keluaran Namco, Permainan serta Watch punya Nintento dan seterusnya dari perusahaan yang lain pula.

Meski begitu, di tahun 1983 pemasaran konsol video permainan mulai menyusut serta banyak orang-orang yang mulai matikannya. Soal ini disebabkan kurang inovatifnya banyak pencipta game. Ditambah dengan perubahan PC kian hebat maka membuat sejumlah orang memutus beli PC dibandingkan dengan konsol video game.

3. Tehnologi Permainan Angkatan Ke-3  (1983-1986)


Berkurangnya pemasaran konsol permainan tidak bikin perusahaan lain hentikan produksinya. Juga di tahun akhir 1983 lalu, konsol permainan baru produksi Nintendo ialah Famicom/Nintendo Pertunjukan Sistim (NES) sah diluncurkan. Lebih istimewanya kembali, FAMICOM sebagai konsol permainan pertama-kali yang memperlihatkan gambar serta animasi memiliki resolusi tinggi. Serta kedatangan feature ini tentu disongsong baik oleh penduduk di seluruhnya dunia. Juga permainan legendaris adalah Super Mario pertamanya keluar di feature karya Nintendo serta Famicon ini.

Kedatangan Super Mario selanjutnya kembali bikin pemasaran konsol permainan bertambah, juga karena perihal ini lebih banyak perusahaan software serta hardware yang hentikan produksinya. Ingat Super Mario di saat itu terjual benar-benar cepat, ini selanjutnya ditakuti bikin feature lain baik itu software ataupun hardware tidak laris di pasar maka tidaklah heran karena tidak pingin mengambil efek banyak perusahan yang menunjuk hentikan produksinya secara sementara.

Pemasaran Super Mario itu selanjutnya sekalian bikin Nintendo memperlebar penjualannya ke Amerika. Serta mereka sukses mengontrol pasar video permainan di situ, maka soal ini otomatis memunculkan kompetisi antara perusahaan konsol permainan, adalah Nintendo sebagai pendatang, dengan SEGA yang notabennya betul-betul berlokasi di Amerika.

4. Tehnologi Permainan Angkatan Ke-4 (1988-1993)

Melesatnya pemasaran Nintendo bersama Super Mario-nya rupanya bertahan beberapa lama. Soal ini bisa terbuktikan di tahun 1988, Nintendo kembali keluarkan konsol permainan anyarnya dengan angkatan 16 bit sekalian bawa pengubahan mencolok di gameplay, tata nada, lain-lain, dan diagram. Konsol permainan baru produksi Nintendo selanjutnya disongsong hangat oleh dunia.

Tidak pingin ketekan dengan atmosfer kemajuan Nintendo, SEGA ikut mengeluarkan konsol permainan versus baru adalah Sega Mega Drive dengan kwalitas yang nyaris sama. Juga, SEGA sukses bikin konsol permainan yang punyai gambar lebih tajam serta animasi lebih lembut dibandingkan dengan punya Nintendo. Akan tetapi hal tersebut ternyata tidak mengubah pemasaran feature Nintendo di dunia. Feature ini masih bertahan di dalam pucuk pemasaran paling tinggi untuk konsol game.

Konsol permainan baru punya Nintendo ialah SNES (Super Nintendo Pertunjukan Sistim) memanglah bisa menandingi SEGA Megadrive di tahun 1990 lampau. Akan tetapi berlalu satu tahun selanjutnya, SEGA luncurkan permainan dengan judul Sonic the Hedgehog, yang selanjutnya menarik penyuka game. Karena secara kwalitas gameplay, diagram, dan seterusnya pastinya permainan ini  lebih baik dibandingkan dengan Super Mario punya Nintendo. Serta selanjutnya Sonic the Hedgehog sah jadi lawan berat Super Mario.

5. Tehnologi Permainan Angkatan Ke-5 (1994-1999)

Untuk menandingi Nintendo serta SEGA, lama tidak ada selanjutnya Atari kembali luncurkan konsolnya adalah Atari Jaguar yang punyai  kemodernan sama dengan SNES serta Mega Drive. Akan tetapi sayang, pemanfaatannya yang lebih susah bikin penyuka permainan kurang tertarik. Juga di angkatan ini Sony buat yang pertamanya keluarkan konsol permainan berbasiskan CD. Kemudian keluarkan Playstation yang memakai tehnologi 32 bit.

Ke-2  konsol produksi Sony selanjutnya sukses memetik kemajuan serta merampas perhatian banyak penyuka game. Konsol berbasiskan CD-nya saja menjadi salah satunya konsol permainan paling laku sepanjang hidup jauh menaklukkan Nintendo serta SEGA. Tentu berasa tersaingi, selanjutnya Nintendo kembali keluarkan konsol baru ialah Nintendo 64 serta SEGA mengeluarkan SEGA Saturn yang dicetak untuk menaklukkan supremasi konsol karya Sony.

6. Tehnologi Permainan Angkatan Ke enam (2000-2013an)

Walau luncurkan konsol anyarnya, tetapi nyata-nyatanya Nintendo serta SEGA tidak dapat menaklukkan pemasaran Playstation punya Sony. Juga di tahun 2000, Sony kian mewabah dengan mengeluarkan Playstation 2 berbasiskan DVD dengan penampakan  lebih baik dari seluruh konsol punya Nintendo serta SEGA. Kedatangan Playstation 2 selanjutnya tinggalkan jauh tehnologi permainan punya ke-2  perusahaan yang beradu ketat di angkatan-generasi sebelumnya. Salah satu konsol yang bisa menandingi Sony ialah cuman punya Microsoft yang dinamakan Xbox. Kompetisi ketat itu selanjutnya bikin SEGA mengaku kalahnya serta mereka malah cenderung menunjuk fokus dibagian pengerjaan permainan konsol.

Walau mendapatkan lawan baru, Xbox punya Microsoft rupanya tidak bisa menandingi kompetisi Playstation 2. Di zaman itu, Playstation 2 jadi puncak pemasaran paling tinggi untuk konsol game.

7. Tehnologi Permainan Angkatan Ke enam (Sekarang)

Perubahan konsol permainan kian jadi di saat-saat ini, tiga perusahaan tehnologi konsol permainan adalah Sony, Microsoft, serta Nintendo masih beradu serta selalu keluarkan konsol-konsol permainan versus baru produksi mereka. Sony kembali keluarkan Playstation 3-nya serta menyambung sampai saat ini Playstation 4. Nintendo masih usaha bangun dengan luncurkan Nintendo Wii, serta Microsoft mengenalkan Xbox 360 sampai terkini Xbox One. Meski begitu, Microsoft serta Nintendo tetap tak bisa menaklukkan konsol permainan Playstation 4 punya Sony. Ditambah lagi belakangan ini kian bertambah perubahan metode permainan online yang tentu menyertakan player-vs-player. Serunya itu membuat sejumlah pemakai permainan yang tinggalkan beberapa game singgel player bernotaben menjenuhkan.

Posting Komentar untuk "Melacak Histori Tehnologi Permainan di Dunia"